Blog Tarikh Agustia

tarikhagustia.id Adalah sebuah situs pembelajaran tingkat lanjut

Rangkuman Jurnal Algoritma K-MEANS Dalam Penentuan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19

Artikel ini berisi tentang rakungkuman jurnal Algoritma K-MEANS Dalam Penentuan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19 yang disusun Oleh M Syukron Nawawi dan Dudih gustian, teman – teman dapat mendownload jurnal nya disini

Pada jurnal berikut ini penulis mencoba melakukan penelitian tentang kepuasan siswa dalam melakukan pembelajaran online dimasa pandemi menggunakan algoritma K-Means. K-Means Clustering adalah suatu metode penganalisaan data atau metode Data Mining yang melakukan proses pemodelan tanpa supervisi (unsupervised) dan merupakan salah satu metode yang melakukan pengelompokan data dengan sistem partisi.

Metode penelitian yang dipakai dalam jurnal kali ini adalah systematic literature review Kitchenham, 2004), dengan menggunakan alur proses penentuan population, intervention, comparison, outcomes, dan context beserta research question mengikuti style. Dalam kasus kali ini penulis melakukan penelitian di SMK Islam Nurul Huda dengan menggambil 60 Orang kuisioner sebagai bahan penelitan.

Setelah data terkumpul kemudian dilakukannya tahapan clusering atau pemisahan, Dalam tahap ini dilakukan pengelompokan dan pemisahan sekumpulan data dari himpunan sesuai kriteria menjadi beberapa kelas. Penerapan teori Euclidean Distance dilakukan dalam tahap dalam pengelompokan data ini. Untuk proses pengelompokan data menggunakan proses flowchart sebagai berikut.

Setelah melewati proses clustering dan analisa, maka didapatkan Hasil perhitungan Jarak literasi ke 4 sebagai berikut.

Dari tabel diatas didapatkan data yang sudah dikelompokan seperti yang dilakukan pada iterasi ke-4 yaitu sebagai berikut :

Kesimpulannya adalah Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa algoritma k-means menggunakan teori euclidean distance sebagai cara pemilihan jarak antar data dan ke pusat cluster dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online pada masa covid-19. Dari cluster ini menghasilkan tingkat pernyataan yang tidak setuju dikategorikan tinggi dengan nilai 7.69 dibandingkan dengan pernyataan setuju yang dikategorikan rendah dengan nilai 4.09, sedangkan untuk tingkat kategori sedang tidak ada, yaitu dengan nilai 0.00. Secara garis besar, dari penelitian yang dilakukan terhadap 60 siswa di SMK Islam Nurul Huda untuk tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online pada masa covid- 19, dengan menggunakan metode k-means dan menerapkan teori euclidean distance,memiliki tingkat pernyataan tidak setuju yang tinggi dibandingkan dengan pernyataan setuju. Bisa dikatakan bahwa dengan hasil seperti ini bisa menjadi pertimbangan dan perbaikan untuk pembelajaran online di masa pandemi covid-19.

Tarikh Agustia

Saya adalah seorang yang tertarik dibidang teknologi dan informasi, khususnya dalam software engineering, penyuka kopi juga tapi bukan kopi senja, kopi apa aja yang penting bisa diseduh. pokonya kalo yang Mantap - Mantap saya suka aja sih.

Kembali ke atas