Blog Tarikh Agustia

tarikhagustia.id Adalah sebuah situs pembelajaran tingkat lanjut

Membangun Microservices sederhana dengan PHP, NodeJS dan Docker – Bagian 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman pribadi saya dalam mempelajari Software Architecture khususnya dalam bidang Microservice. Dalam Materi kali ini akan terbagi menjadi beberapa bagian (atau part) yang akan diupdate setiap minggu nya, so jangan sampai ketinggalan ya. :).

dalam materi kali ini kita akan fokus membahas tentang arsitektur yang akan kita buat nantinya, sebelum ke pembahasan lebih lanjut, mari kita lihat desain arsitektur yang akan kita buat nantinya.

Pada desain diatas dapat kita lihat bahwa arsitektur yang akan kita buat adalah berupa API yang nantinya akan diakses oleh Aplikasi Mobile / Web Base yang ada pada device user. Berikut Penjelasan detailnya.

  1. Seperti yang kita lihat ada dua end point yang dapat diakses oleh user, yaitu end point /products dan auth/token
  2. setiap end point akan dihandle oleh services yang berbeda
  3. seperti yang teman – teman lihat bahwa kita harus menggunakan API gateway untuk melakukan distribusi kesetiap services nya, jadi user tidak diperbolehkan melakukan direct calling kesetiap service – service yang ada
  4. Tiap – tiap service akan mempunyari Database yang berbeda – beda. kali ini saya akan menggunakan database MySQL dan MongoDB
  5. untuk end point /products kita diharuskan melakukan authentikasi terlebih dahulu sebelum melakukan request ke end point ini, untuk mengatasi hal ini maka diperlukan token authentication, Kali ini admin pakai JWT sebagai format token nya.

Nah, cukup jelas bukan ? kalo belum jelas bisa kontak admin via sosial media, Oh iya sebelum temen – temen baca materi ini, temen – temen diharuskan sudah mengerti tentang Konsep API dan Docker ya, dikarenakan kalo belum tau dijamin bingung.

Pada artikel mendatang admin akan membuat service nya menggunakan Lumen dan juga ExpressJS, (Bisa nya cuman itu hehe) yang insyallah akan dipublish minggu depan.

Terimakasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang amat banyak kurang nya ini, Wassalamu’alaikum Wr. WB

Tarikh Agustia

Saya adalah seorang yang tertarik dibidang teknologi dan informasi, khususnya dalam software engineering, penyuka kopi juga tapi bukan kopi senja, kopi apa aja yang penting bisa diseduh. pokonya kalo yang Mantap - Mantap saya suka aja sih.

Kembali ke atas